Hi there.. welcome to my blog have a nice reading :)
Home » » Mbah Wiro, Dukun Bayi Tersertifikasi

Mbah Wiro, Dukun Bayi Tersertifikasi

Written By Windi on Wednesday, November 9, 2016 | 6:18 PM

Mbah Wiro, Dukun Bayi Tersertifikasi

Mbah Wiro (JIBI/Harian Jogja/Switzy Sabandar)
Source: http://www.harianjogja.com/

Jangan anggap remeh Mbah Wiro, dukun yang biasa membantu persalinan. Pasalnya, melalui tangan dingin perempuan itu puluhan bayi berhasil dilahirkan.

Keterampilan menolong kelahiran diasah oleh pengalaman serta pelatihan dari bidan. Hal itu membuatnya mendapat kepercayaan untuk menolong perempuan di desanya yang akan melahirkan bayi dengan catatan persalinan berjalan normal.

Tidak hanya itu, Mbah Wiro, demikian orang banyak mengenal perempuan yang ditaksir berusia 70 tahun itu, mampu menyuburkan rahim. Ia dikenal karena telah membuat banyak perempuan yang awalnya merasa kesulitan untuk memiliki keturunan dapat hamil.

Saat disambangi Harian Jogja di kediamannya yang terletak di Pondok Wonolelo, Widodomartani, Ngemplak, Sleman, Mbah Wiro yang memiliki nama kecil Ngadiyem, menuturkan kemampuannya memijat adalah anugerah. Pasalnya, riwayat keluarganya tidak satu pun yang mempunyai keahlian memijat.

Jalan hidup memijat bermula ketika ia masih muda, beberapa orang meminta dipijat. “Orang-orang yang habis saya pijat itu langsung sembuh dari penyakitnya, mulai dari pegal-pegal hingga rahim turun,” ujarnya, Senin (28/5).

Melihat kemampuannya, kata dia, seorang bidan bernama Retno pun mengajaknya ikut pelatihan membantu persalinan. Setelah mengikuti pelatihan, ia mengatakan fotonya dipampang di RSUP Dr. Sardjito dan Dinas Kesehatan sebagai dukun beranak yang bisa membantu proses melahirkan.

Selain membantu melahirkan, tangan dingin Ngadiyem disebut-sebut mampu menyuburkan rahim, membantu perempuan lebih mudah hamil. Dia mengaku banyak pasien yang saluran indung telurnya terikat sehingga memang sulit untuk memiliki keturunan.

“Saya bilang ke dia, tidak perlu berobat lagi, posisi saluran sudah terikat sehingga tidak mungkin hamil, kecuali mukjizat,” imbuh perempuan yang mengaku tidak bisa mengingat tahun kelahirannya.

Lain hari, terdapat pasien perempuan yang ingin hamil dan setelah dipijat ia memprediksi tidak sampai tiga bulan pasien tersebut dapat hamil. Prediksi itu pun terbukti karena pasiennya hamil setelah dua bulan dipijat.

Walaupun dikenal karena menolong kelahiran, Mbah Wiro tidak membatasi usia pasien, mulai bayi hingga lansia biasa dipijatnya. Beberapa pasiennya bahkan berasal dari luar Jogja, seperti Gombong dan Solo.

Upah memijat dukun senior itu pun tergolong murah, yakni sekitar Rp30.000 untuk dua jam pijat. Sedangkan untuk bayi berkisar Rp5.000 hingga Rp15.000. “Seikhlasnya yang memberi saja,” ucap perempuan yang tinggal seorang diri ini.

Hanya saja kini aktivitas memijat kini tidak seperti dulu sejak stroke membuatnya lumpuh separuh. Namun, satu atau dua orang pasien masih ada yang mendatanginya untuk dipijat.

Atok, warga Ngemplak, mengaku menggunakan jasa pijat Mbah Wiro untuk ketiga buah hatinya semenjak mereka lahir. “Pijatannya lembut untuk bayi,” kesannya soal layanannya
Share this article :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Tips Hamil - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger