Hi there.. welcome to my blog have a nice reading :)
Home » » Biaya Inseminasi Rp 2 juta - 2,5 juta

Biaya Inseminasi Rp 2 juta - 2,5 juta

Written By Windi on Monday, October 5, 2015 | 8:55 AM

Biaya Inseminasi Rp 2 juta - 2,5 juta

Teknologi Reproduksi Berbantu (TRB) yang telah dilakukan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soetomo Surabaya.  menawarkan dua cara alternatif untuk memiliki anak tanpa hubungan seks yakni dengan inseminasi buatan dan bayi tabung.

Dalam setahun, rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur itu setidaknya bisa menangani program inseminasi dan bayi tabung sebanyak 200-300 pasangan. Bahkan, inseminasi pertama kali bisa menghasilkan lima bayi kembar. Seperti yang dialami pasangan Hari Saputra dan Nia Rachmawati.

Kepala Divisi Fertilitas dan Endokrinologi Reproduksi Departemen Obstetri-Ginekologi (obgin) RSUD dr Soetomo Surabaya, dr Relly Yanuari Primariawan, Sp.OG menjelaskan banyak tentang proses inseminasi dan bayi tabung hingga bisa sukses dan berhasil sampai kembar lima.

Inseminasi adalah proses reproduksi dengan memasukkan sperma yang paling bagus kualitasnya ke dalam rahim. Untuk memilah sperma terbagus ini, tim laboratorium lah yang melakukan pemilahan.

Sperma dengan kualitas bagus, dilihat dari kuantitasnya, yaitu berkonsentrasi di atas 10 juta permililiter. Dari 10 juta permililiter tersebut dipreparasi untuk mendapatkan sperma yang benar-benar berkualitas sekurang-kurangnya satu juta permililiter.

Sebelum dilakukan inseminasi, sel telur diberi obat terlebih dahulu untuk penyuburan. Setelah beberapa hari, ada cek USG untuk melihat apakah sel telur telah matang. 

“Jika sel telur sudah matang dan sperma terbaik sudah terpilih, inseminasi siap dilakukan,” ujarnya kepada VIVA.co.id, Minggu 21 Juni 2015.

Risiko Inseminasi
  • Kehamilan lebih dari satu dan kembar. hal ini disebabkan sulit terkontrolnya aksi sperma dalam rahim dalam menentukan hasil menjadi janin ketika proses sperma dimasukkan ke rahim menggunakan selang kecil melalui jalan lahir (vagina) dan hal ini terjadi karena pemberian obat-obatan penyubur di sel telur yang reaksinya berlebihan daripada yang diharapkan.
  • Terjadi kelahiran prematur disebabkan kembar banyak, sehingga perawatan bayi yang lebih lama. 
Perbandingan insemniasi dengan Bayi Tabung
  • Tingkat keberhasilan 
    • Tingkat keberhasilan kehamilan inseminasi itu sekira 20-25 persen. Terjadi kehamilan kembar kemungkinan sebesar 30-35 persen. 
    • Bayi tabung, tingkat keberhasilannya lebih tinggi yakni 47-48 persen.
  • Terkontrol tidaknya
    • Kehilan dengan cara inseminasi tidak terkontrol
    • Bayi tabung itu yang dimasukkan ke rahim adalah embrio (calon janin). Artinya sel telur sudah dipecahkan oleh sperma saat di luar rahim. Ini relatif bisa terkontrol. 
  • Biaya
    • Kini, TRB pun dikatakannya bisa menjadi alternatif, karena biaya inseminasi antara Rp2 juta sampai Rp2,5 juta. 
    • Bayi tabung mahal dan tergantung usia. Biayanya antara Rp50 juta sampai Rp55 juta,” 
Share this article :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Tips Hamil - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger